Sekilas Tentang Manjaro Linux



Tentang Manjaro

Manjaro Linux dipersembahkan untuk para pemula dan pengguna tingkat lanjutan dalam waktu yang sama. Kami menyediakan alat antarmuka pengguna dan skrip untuk membuat hidup/pekerjaan lebih mudah. Manjaro juga mendukung teknologi NVIDIA Optimus dengan out of the box (bisa langsung digunakan)” Philip Muller -Manjaro Developer.

*************************************************

Gambaran ringkas Manjaro Linux

Manjaro adalah distribusi linux yang mudah digunakan, berbasis sistem operasi Arch yang dikembangkan secara independen. Dibawah komunitas linux, Arch sendiri terkenal sebagai distribusi yang cepat, kuat dan ringan yang menyediakan akses cutting edge terbaru - dan bleeding edge - software. Hanya saja Arch lebih ditujukan kepada pengguna yang telah berpengalaman. Dengan begitu, secara umum dianggap di luar jangkauan mereka yang tidak memiliki keahlian teknis (atau ketekunan) yang diperlukan untuk mengoprasikannya.
Pusat pengembangannya di Austria, Prancis dan Jerman, Manjaro menyediakan semua keunggulan sistem operasi Arch dikombinasikan dengan fitur utamanya yaitu ramah penggunaan dan aksesibilitas.

Manjaro Tersedia dalam 2 versi, 32 bit dan 64 bit, ini cocok untuk pendatang baru serta pengguna yang telah berpengalaman. Beberapa fitur diantaranya:

  1. Desktop Enviroment (DE) pre-install (di Arch, secara default dalam iso installer belum disertakan DE).
  2. Aplikasi grafis pre-install dengan mudah kita menginstall software dan memperbaharui sistem.
  3. Codec pra-install untuk memutar file multimedia.

Untuk lebih berpengalaman - dan petualang - pengguna Manjaro juga menawarkan configurability dan fleksibilitas untuk dibentuk dan dicetak dalam segala hal sesuai selera pribadi dan preferensi.

Selanjutnya, minimalis NET-Edition juga tersedia dalam versi 32 dan 64 bit. Dilucuti dari installer pra-instal, ini memberikan instalasi dasar untuk membangun sistem Anda sendiri mirip pada Arch, mulai dari baris perintah, benar-benar bebas untuk memilih penyambut kita sendiri, desktop, driver hardware, software, dan seterusnya! Fitur

Manjaro
memiliki banyak fitur yang sama seperti Arch, termasuk: 1. Kecepatan, kekuatan, dan efisiensi.
2. Akses ke cutting edge terbaru - dan bleeding edge software terbaru 3. Rolling release model pembangunan yang memberikan yang paling up-to-date sistem mungkin tanpa perlu menginstal versi baru,
4. Akses ke Arch Repositori Pengguna (AUR).

Namun, Manjaro menawarkan beberapa fitur tambahan tersendiri, termasuk:

1. Proses instalasi user-friendly
2. Otomatis pendeteksian hardware komputer Anda (misalnya kartu grafis)
3. Otomatis instalasi perangkat lunak yang diperlukan (misalnya GPU kita adalah Amd Radeon maka manjaro akan menyuntikkan driver grafis Catalyst untuk Amd saat instalasi dan nvidia otomatis tak te dalam pc) untuk sistem anda.
4. Memiliki ropository sendiri yang didedikasikan untuk memastikan pengiriman paket perangkat lunak sepenuhnya diuji dan stabil.
5. Dukungan untuk kemudahan instalasi dan penggunaan beberapa kernel...

Desktop Enviroment Yang Tersedia:

XFCE
Openbox
KDE
Cinnamon/ Gnome
Mate
LXDE
E17


Spesifikasi hardware yang paling direkomendasikan:
  • 1 GB RAM
  • 30 GB hardisk.
  • 1 Ghz prosesor.
  • HD GPU dan monitor.
  • Sambungan internet yang lancar.
Pada dasarnya Manjaro adalah distro yang sangatlah ringan, hingga spesifikasi hardware pun tak menuntut banyak, jauh dibanding Ubuntu. Namun agar kinerja bekerja sangat baik, sebaiknya tak jauh dari 5 point diatas.

****************************


****************************

NB: jika ada bahasa yang kurang nyaman, mohon sedianya kawan-kawan memberi masukan.
Sumber:http://wiki.manjaro.org/index.php?title=About_Manjaro

6 Komentar

Manjaro bagus juga ya, kang :)
wow... blognya jadi semakin ciamik menurut saya, dengan logo dan link manjaro juga openSUSE di sidebarnya :D

Reply

Sip, dua distro ini menurut saya duet maut :D

Reply

kang, manjaro ada komunitasnya ga di Indo? Ane kan belum pernah pake distro selain turunan debian (ubuntu, pinguy, linuxmint dkk)
Kalau ada komunitasnya, ane ikutan. Biar kalo tanya ga usah ke komunitas internasionalnya. english-ku survival mode hahaha

Reply

Komunitasnya baru versi group aja mas, group di Facebook dan sebuah thread di Kaskus. Masalahnya ketika ada wacana begitu (bikin website khusus untuk komunitas Manjaro) tapi melihat usernya di Indonesia belum banyak, nanti ditakutkan baru berjalan sebentar sudah mati suri.

Reply

Share dan review

Manjaro capella

https://www.youtube.com/watch?v=9Q8nM5EIh8k

Reply

Posting Komentar

Mari bijak dalam berkomentar, mengkritik dan memberi masukan itu menandakan kita mengerti apa yang ada pada tulisan ini, terimakasih.
Mari mencerdaskan bangsa ini.