Panduan Instalasi OpenSUSE 13.1 "Bottle"

Al Hamdulillah wa Syukur Ilallah, kami masih diberi kesempatan oleh Allah menulis catatan sederhana ini, tak ada hal yang diharapkan dari tulisan ini melainkan semoga bermanfaat.

Ada sebuah ujuaran, entah sabda Nabi tau kata bijak salafush-shalih, "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya".

Instalasi

OpenSUSE telah meluncurkan distro versi barunya 13.1, postingan ini kita bahas cara instalasinya. Para sahabat yang hedak installlasi OpenSUSE dualboot dengan OS lain sebaiknya terlebih dahulu menyiapkan dahulu partisi baru. Partisi yang saya sarankan:

A. Bila RAM kita dibawah 2 GB, maka buatlah 3 partisi, dengan rincian:

1. Untuk System ( / ) dengan format xfs (dengan xfs saya rasakan laptop saya lebih adem).
2. Untuk Swap.
3. Untuk Home ( /home ) dengan format ext 4 <== Supaya bila terjadi musibah yang. mengharuskan kita melakukan install ulang, data-data kita tak turut lenyap terhapus.

B. Bila RAM diatas 2 GB buatlah 2 partisi tanpa swap:

1. Untuk System ( / ) dengan format xfs (dengan xfs saya rasakan laptop saya lebih adem).
2. Untuk Home ( /home ) dengan format ext 4 <== Supaya bila terjadi musibah yang. mengharuskan kita melakukan install ulang, data-data kita tak turut lenyap terhapus.

Namun bila hanya single boot (Di komputer hanya akan terinstall OpenSUSE saja) tak usah mengikuti saran ini.

Nb: 
1. Namun bila ruang hardisk kita terlalu minim untuk dibagi-bagi buat saja partisi / (system) tanpa perlu partisi Home. bila kurang jelas soal ini silahkan berkomentar.

2. Swap, selain untuk cadangan RAM juga berfungsi untuk mengaktifkan fitur Hibernate, bila kita meniadakan swap otomatis tak ada fitur hibernate pada sistem operasi kita.

Bila 2 atau 3 partisi sudah disiapkan kita lanjut dalam tahap instalasi.

# Masuk ke BIOS agar booting awalnya ke CD/ Flashdisk live yang sudah kita siapkan.

# Lantas akan tampil seperti pada gambar dibawah:


# lalu Enter

# Tunggu booting hingga masuk ke desktop.

# Lalu klik install OpenSUSE pada  icon di desktop.

1. Pilih bahasa dan keyboard layout, pilih saja seperti pada gambar. Bila sudah, klik Next.
2. Pillih time zone, cari dan klik daerah kita, misal Jakarta seperti pada gambar. Bila sudah, klik Next.
 3. Pada bagian ini memang perlu kecermatan, karena misalkan kita ingin dualboot tapi salah konfigurasi partisi bisa-bisa berakibat fatal pada data-data kita,

Bila sudah sesuai dengan harapan kita, klik saja Next. Namun bila ingin konfigurasi lebih lanjut, klik Edit Partition Setup.
 Gambar dibawah antarmuka untuk konfigurasi partisi lebih lanjut.



Klik pada partisi yang ingin kita ubah, lalu Edit.






Mengatur partisi.

Bila pemartisian sudah selesai, klik Accept. 

Karena dalam tulisan ini saya tidak menggunakan swap, makan ada ditanya "Apa kamu yakin menginstall OpenSUSE tanpa pake Swap?" Klik Yes.




Lalu tampil seperti gambar dibawah, klik Next



4. Isilah Username dan password terserah sobat.



klik Next, dan klik lagi yes.



5. Akan muncul seperti pada gambar dibawah, bila sudah yakin klik Install kemudian akan berlangsung proses instalasi, mari menunggu sambil ngeteh :D.





Sampai proses instalasi selesai, lalu lakukan restart/ reboot, pada tahap ini OpenSUSE sudah terinstall pada komputer kita.

Selanjutnya OpenSUSE melakukan konfigurasi secara otomatis, biarkan saja sampai tampil Desktopnya.... Selamat menikmati OpenSUSE KDE!

50 Komentar

mas mau tanya kalo di buat 2 partisi misal seperti di windows ada drive C dan D prosesnya gmana mas ?

Reply

Makud mas dharma, ingin dualboot dengan Windows?

Reply

Kalau ramnya tepat 2 GB, butuh swap tidak? Ukuran berapa?

Reply

Sebaiknya pakai swap mas, ukurannya cukup beri saja 1 Gb atau 500 Mb toh kerjaannya hanya sebagai cadangan bila RAM sudah tak muat menampung kerjaannya.

Beri saja 1 Gb sudah lebih dari cukup insya Allah.

Reply

maksudnya bukan dibikin dualboot mas, tapi bisa ga hardisk di dalam sistem di linux (open suse) di bikin 2 drive seperti di windows ex : drive C dan D soalnya msh newbie mas hehehe....

yg kedua saya mau download open suse, tapi disini ada 2 mas yg versi KDE itu ukuran file isona 903 Mb sedangkan yg versi DVD 4Gb kira2 perbedaannya dimana mas? maaf mas aga panjang pertanyaannya....

Reply

Mas dharma, Semakin banyak pertanyaan semakin seru he...he... saling berbagi manfaat itukan keren benget.

1. Begini, soal partisi di Linux memang bisa hardisk kita terbagi-bagi menjadi beberapa bagian misal jika Windows drive C, drive D drive E etc...

Jika di Linux namanya Sda. contoh sda1, sda2, sda3, sda4 etc...

Nah kalau kita mau bikin partisi, kita gunakan saja OpenSUSE livenya ketika masuk desktop bukalah aplikasi gparted. Dari situ kita bikin 2 partisi.

saya sarankan, partisi sda1 untuk / (system) format xfs dan sda2 untuk /home formatnya ext4.

2. Live KDE itu adalah distro yang sudah berisi aplikasi-aplikasi standar penggunaan sehari-hari. Sedangkan yang DVD 4 Gb itu sudah berisi aplikasi-aplikasi yang super lengkap misal sudah berisi desktop KDE, gnome xfce, paket gimp, inkscape dan banyak lainnya pokoknya banyak deh. Jadi tinggal dipilih mau paket standar (Live KDE) apa paket jumbo (DVD).

Sekian semoga membantu.

Reply

mas mau tanya kalau openSUSE di instal di netbook samsung saya dengan spesifikasi Intel ATOM Processor N2600 (1,6GHz, 800MHz) trus grafisnya Intel® GMA 3600 dengan ram 2 G. bisa ga mas. trimakasih

Reply

Dear mas Yudi
Insya Allah mas, spesifikasi laptop saya juga cuma dualcore AMD apu E450 1.65 GHz.

Namun tentu saja performanya tak sebagus bila menggunakan Core i3, core i5 core i7, silahkan dicoba mas. Semoga berhasil

Reply

ow ya mbak,openSUSE di di dual bot sama windows bisa ga ya??? ow ya punya modul atau panduan tentang cara menggunakan openSUSE ga ya?? soalnya masih awam di dunia linux nih

Reply

Ngomong-ngomong Hammam itu lelaki tulen lho mas :D.

Dualboot dengan Windows insya Allah 100 % bisa. Adapun modul/ ebook cara menggunakan OpenSUSE saya belum punya, tapi untuk memulai dari awal setelah instalasi mas Yudi bisa baca ini http://alakulihal.blogspot.com/2013/11/hal-yang-dilakukan-setelah-install.html.

Semoga membantu, dan tetap semangat untuk belajar.

Reply

maaf mas tak kira ismi thu cewek,kan temen saya ada yang namanya ismi juga.hehehehe. maaf sering tanya terus soalnya awam saya sama dunia linux. saya penasaran aja katanya linux thu ringan dan aman dari virus. jadi pengen coba gtu.hehehe

Reply

Ismi dalam bahasa arab artinya = namaku. Nama aslinya Hammam :D.

Bertanya karena ingin tahu justru itu mengasyikkan mas Yudi. Soal virus memang belum pernah terdengar ceritanya pengguna Linux komputernya terserang virus. Semangat.

Reply

ow ya mas, tadi saya buat bootable usb lewat unetbooting ko g bisa ya mas. ada solusi ga mas

Reply

Mas Yudi Untuk membuat live usb OpenSUSE memang tidak bisa menggunakan Unetbootin, Pandrive dan beberpa aplikasi lain, Tapi bisanya menggunakan Image Writer yang bisa di unduh disini: download Image Writer

Reply

Tapi mesti diingat menggunakan aplikasi ini akan menghapus apa yang ada pada flashdisk tersebut.

Reply

super sekali mas ismi makasih banyak mas udah kasih pencerahan...o iya mas kalo ram kita cuma 1GB, kira-kira utk menentukan swap-nya berapa ya mas ?

Reply

Swap 1 Gb aja mas. Semoga lancar.

Reply

mas punya acount ym ato FB atau forum opensuse yang berbahasa indonesia ga mas. buat sharing2 ilmu gitu mas

Reply

mas kalau sehabis install opensuse 13.1 di laptop dell inspiron 1440 kanapa wifinya ga bisa ya mas .. solusinya ada ga ya mas??

Reply

Aha, untuk forum mending ke grup OpenSUSE indonesia aja mas bisa mampir kesini OpenSUSE Indonesia. Ini grup OpenSUSE Indonesia di facebook. Soal wifi, biar lebih advancenya mas Yudi mari tanyakan ke grup aja. Saya tunggu disana.

Reply

ok mas,lah nama mas di FB sana sapa mas??

Reply

Nama Fbnya Naffadz Zein atau Hammam (ada 2)

Reply
Anonim mod

laptop saya asus k43u, amd e450, memory 6gb. mampukah untuk pengoperasian opensuse 13.1 ini secara maksimal ? saya pengin bisa, namun masih ragu. mohon pencerahan. matur nuwun.

Reply

saya sudah ikuti panduan diatas untuk dual boot dengan Windows 7 mas, namun masih ada kendala di bagian yang berbunyi "Error occurred while installing GRUB2" waktu instal masih berjalan 93%.
Bagaimana ini mas ? Dan apa yang perlu saya perbuat sekarang agar dapat dual boot dengan windows 7 ?

Reply

Dear mas @Tahta laksana, jujur saya tidak pernah pengalaman cara instalasi dualboot dengan Windows. Laptop saya dualboot namun dua-duanya menggunakan distro Linux.

Begini saja, mas kunjungi grup OpenSUSE di facebook. Di sana banyak teman yang siap membantu. kujungi alamat ini: https://www.facebook.com/groups/opensuse.indonesia/ mohpn maaf tidak bisa menujukkan lebih lanjut. Tapi jika persoalan lain saya siap sedia membantu. Semangat mas bro.

Reply

jawabanna masih belum work mas, ini aku gimana lagi mas ? tolong bantu saya mas.

Reply

Mungkin ini bisa sedikit membantu mas Tahta: http://www.youtube.com/watch?v=Md6LZ7EWYUE

Oke masalahnya coba saya analisa dulu sebisanya.

Coba mas ulangi, masuk livenya lalu install. Nah pada waktu errornya itu coba mas ambil screenshotnya, di OpenSUSE ada ksnapshot untuk ambil screenshot.

Saya minta sempelnya untuk analisa (udah gaya detektif nih :D )

Sekian terima kasih.

Reply

Sudah bisa sangat maksimal insya Allah mas.

Reply

iya mas matur suwun lho sampun ditanggepi ngnanntos sakniki.
saya coba ss nya yo. ditunggu.

Reply

niku videone ndamel VIRTUAL BOX, sanes dual boot berarti.
Pengene kulo niku dual boot lewat bios mas.

Reply

Oke mas, tak tunggu ssnya. kalo videonya ngapunten nggeh, kulo kiambak dereng ningali :D.

Reply

mas tanya donk, kalo untuk proses menyiapkan system ( / ) dan home (/home).
Saya bikin hardisk memori 40 GB. nah buat pilihan partisinya bikin berapa untuk masing/masingnya (system dan home).
oiya ram saya 2 GB.
saya baru pindah dari windows xp ke dual boot y: ke windows 7 n linux open suse13.1

Reply

Dear mas Muhammadikhsan19, 40 GB kita bagi segini:

1. Home= 23
2. (/) = 15
3. Swap= 2 Gb

Semoga berhasil.

Reply
Anonim mod

Mua tanya, kalau pengganti microsoft visual studio 2010 (coding vb) di linux pake apa ya gan ?

Reply

Untuk penggati VB di Linux mas Anonim bisa pakai Gambas, di google tutorial gambas juga banyak.

contohnya: http://gambasprograming.blogspot.com/‎

Reply

terimakasih gan, selain gambas ada yg lain gan ?

Reply

Ada juga namanya, Netbeans dan Eclipse, dua-duanya juga keren.

Reply

Saya dah pernah download versi 13.1, pinginnya dualboot ma windows 7 tp skrang file masih di hardisk. Gak tau gimana lgi.
Mohon pencerahannya

Reply

Kalo ada no Hp apa whatsapp Gan... Coz pernah diinstallin ma temen malah semua data dihardisk ilang semua. Agak trauma

Reply

Begini mas, saya juga belum pernah dualboot dengan windows, cobalah masuk ke grub OpenSUSE di facebook bertanyalah disana bagaimana sebaiknya itu. untuk sms bisa hubungi di 087893074148. Jangan sungkan-sungkan bertanya.

Reply
ANymous mod

@ jhonie bloon di back up sedikit2 mas.. pinjam hardisk teman nya atau yang pakai LAN agar bisa sharing file nya hehehe

Reply

saya masih bingung cara partisi nya mas, saya mau dualboot opensuse dengan windows 8, niat saya mau mempelajari tentang opensuse nya dulu, trus mau move on dari windows , hehe...
bgmn cara pembagian partisinya ya? klo berkenan bisa emailkan solusinya ke trywahyudinata@gmail.com
trimakasih...

Reply

Gini saja mas, anda masuk live installernya OpenSUSE lalu ambil screenshot pada bagian partisinya seperti ini: http://2.bp.blogspot.com/-Ovkx6j3UpSE/Uo7W5YnfwUI/AAAAAAAAA3k/kV-EIJEFSGo/s640/6+partisiedit.png

Reply

Terimakasih Banyak Gan... tutornya insyaaalloh bermanfaat!

Reply

saya cuma sampe welcom screen saja mas stelah saya enter install malah blackscreen...

Reply

saya mau tanya mas , kalau opensuse itu cocok buat yang baru kenalan sama linux apa tidak ya? terima kasih

Reply

kalo baru menggunakan Linux, sebaiknya pakai Ubuntu dlu, karena manajemen opensuse cukup komplek menurut saya, kecuali kalo mas Asrofi suka ngoprek bisa-bisa saja.

Reply

Nanya dong bro..., di menu installer openSUSE, koq gak ada pilihan Coba Dulu Sebelum diinstal; atau Trying openSUSE Without Installing, sperti pd installer turunan Ubuntu..? pan kita bisa icip-icip dulu sebelum diinstal ke laptop..?

Reply

Mas kalok flaahdisk nya pakek cara comandprompt doank gmana??? Kan prtisi pada flash disk udah primary

Reply

Salam kenal, saya isnanto mau tanya nih sama agan2 dan aganwati2 semua.
Kasus:
PC saya sebelumnya windows7, saya bermaksud menggantinya dengan opensuse leap 42.3.
Pertanyaan :
Bagaimana cara menyelamatkan data/file yang ada di Windows7 (partisi D dan E) biar data tersebut tidak hilang saat instal opensuse leap 42.3 ?
Mohon bantuannya semua
Tks

Reply

Posting Komentar

Mari bijak dalam berkomentar, mengkritik dan memberi masukan itu menandakan kita mengerti apa yang ada pada tulisan ini, terimakasih.
Mari mencerdaskan bangsa ini.