Cara Bikin OpenSUSE USB Live Installer

Bismillah...

Apakabar sobat? Kali ini ane mau bikin thread tips sederhana yakni cara bikin live installer untuk distro OpenSUSE.

Jika beberapa tutorial menyarankan membuat usb installer menggunakan imagewriter | Imagewriter for Windows | Imagewriter for Ubuntu |. Aplikasi ini meski sangat direkomendasikan, sayangnya ada kekurangan yang menurut saya sangat mengganggu, yakni format flashdisk dan untuk mengembalikan keadaan yang semula kita harus memformat ulang melalui gparted atau aplikasi partisi Linux lainnya, jadi tidak bisa kita lakukan di Windows. Sebenarnya jika kita format melalui Windows juga bisa namun tidak  pulih100 %, besarnya volume flashdisk mengikuti besarnya ukuran file Iso yang kita extrak ke dalam flashdisk misal, besar file OpenSUSE yang terekstrak di flashdisk 1.2 GB, maka jika diformat begitu saja menggunakan Windows flashdisk yang asalnya 4 Gb akan tetap menjadi 1.2 GB.



Ok, mudah-mudahan bisa dimengerti.

Berbeda jika kita menggunakan  Universal USB Installer aplikasi yang saya ajukan disini, cara kerjanya lebih seperti mengkopi ekstrakan .Iso ke dalam flashdisk, jadi sekalipun kita format (opsional, saya sarankan memformat

1. Pilih nama distronya, UUI ini sudah mensupport banyak distro, bisa dibilang sangat lengkap. 


2. Browse/ cari file yang kita download.


3. Pilih USB Flashdisk kita


4. Sebaiknya centang format, sebelum diformat pastikan data sobat di flashdisk sudah diselamatkan. Lalu klik Create > Yes.



Tunggu hingga selesai, done! USB live installer sudah siap.

Posting Komentar

Mari bijak dalam berkomentar, mengkritik dan memberi masukan itu menandakan kita mengerti apa yang ada pada tulisan ini, terimakasih.
Mari mencerdaskan bangsa ini.