What New In Kubuntu 14.04 LTS? (Fitur Baru Pada Kubuntu 14.04)

Assalamu'alaikum Waramatullahi Wabarakatuh...

Kubuntu 14.04 telah rilis beberapa hari yang lalu memang cukup mengharukan fan Desktop KDE dan Ubuntu. Selain karena ini merupakan edisi Ubuntu KDE LTS terbaru, juga ternyata Kubuntu menyertakan perubahan yang cukup agresiv. Tadi ketika saya baru coba versi livenya sudah keburu bilang "Waw" kepada Kubuntu yang menggunakan KDE 4.13 ini.

Baik sobat, tulisan ini sebenarnya hanya versi terjemahan dari catatan rilis di website Kubuntu. Tapi tetap saja insya Allah bermanfaat bagi kita.

1. New Desktop Enviroment KDE 4.13



Kubuntu menggunakan desktop versi terbaru dari KDE, yaitu 4.13, perubahan tampak dari kinerjanya yang semakin maknyos dan gegas.

Lebih detailnya bisa di lihat pada catatan rilis:

http://kde.org/announcements/4.13/




2. Mozilla Firefox 28.0




Kubuntu Trusty Tahr memilih Firefox 28.0 sebagai browser bawaan untuk berkeliling di dunia maya.









3. Muon Discover


Muon Discover 2.2 memberikan pengalaman kepada pengguna seperti pada Ubuntu Software Center, telah ditambah berbagai perbaikan agar tampil lebih smooth di versi LTS ini. beberapa masalah juga telah diselesaikan serta menawarkan pengalaman yang lebih halus. Kinerja semakin baik.



4. Driver Manager




Sebelumnya aplikasi Additional Drivers sudah ada, kemudian digantikan oleh aplikasi yang baru yakni Driver Manager. DM ini memungkinkan Anda untuk menginstal dan memilih driver yang ingin Anda gunakan untuk perangkat lunak yang memiliki lebih dari satu driver yang didukung, termasuk driver proprietary.



5. Gwenview Plugin







Sekarang Gwenview bisa diinstall plugin kedalam aplikasi, pada menu > Plugin> Install Plugin, kita bisa menginstall plugin tersebut. Tapi entah plugin apa yang akan terinstall saya belum ngerti. Bisa kita coba nanti :D.








6. Alat Konfigurasi Touchpad Lebih Detail




Tool ini untuk mengatur taouchpad pada laptop kita, pada Trusty Tahr ini tool pengatur touchpad hadir dengan konfigurasi yang lebih detail, kita bisa mengatur sesuka hati. Yah, working just as you like.






7. KDE Telepathy Instant Messaging




Akhirnya muncul juga Instant Messagger khusus versi KDE, sebelumnya meski ada Kopete, saya tetap merasa kurang puas, karena layanannya kurang lengkap terkhusus layanan untuk Facebook chat.

KTp hadir di Kubuntu 14.04 ini denga stabilitas yang baik serta dipoles agar tampak semakin wah. Ini harus kita coba.







8. Plasma Network Manager




Network Manager juga tak luput dari transformasi Kubuntu 14.04, kini menggunakan Plasma Network Manager bisa memberika control yang lebih dari network manager sebelumnya.

Dan lebih bagus lagi, bagi pengguna modem, network manager ini bisa mendeteksi signal dari jaringan yang terkoneksi. Ini keren banget.








9. KDE Connect


Install KDE Connect pada desktop dan ponsel Android sobat untuk mengintegrasikan keduanya. Pesan teks akan muncul di layar desktop. Bisa berbagi file, bisa mengontrol mp3 dari telepon kita dan mp3 akan dimatikan ketika kita menerima panggilan telepon. Ini juga super keren.



10. Automatic Crash Reporting



Kubuntu dibuat semakin ramah pengguna, fitur ini juga sebuah implementasi yang cukup penting.









11. Perbaikan Pada USB Creator




Sebelumnya pada USB Creator terdapat beberapa bug yang saat sudah diperbaiki, pengguna semakin asik dengan kenyamanan yang diberikan. Walau saya sendiri masih mendapati bug pada aplikasi ini, semoga segera diberi update oleh tim developer.











12. Quassel 0.10



Quassel 0.10 yang disertakan dalam paket bawaan Kubuntu ini semakin handal.








13. Sistem Notifikasi Baru



Yang ini kurang tau apa yang dimaksud oleh sang developer, tampaknya memang ada perubahan pada sistem notifikasi. Yang saya rasakan sendiri, dibanding OpenSUSE 13.1 yang menggunakan KDE 4.11, Trusty Tahr ini lebih cerewet :D.




Ebook panduan instalasi Kubuntu 14.04: http://alakulihal.blogspot.com/2014/04/ebook-panduan-instalasi-kubuntu-1404-lts.html

Reporter: Alakulihal, Hammam.

Posting Komentar

Mari bijak dalam berkomentar, mengkritik dan memberi masukan itu menandakan kita mengerti apa yang ada pada tulisan ini, terimakasih.
Mari mencerdaskan bangsa ini.