Install Uget Download Manager Dan Mengatasi Error “aria2c version error” Pada Aria2 Plug-in

Langsung sobat, Diantara beberapa Download accelator Linux yang berbentuk GUI adalah Uget, nah kelebihan Uget ini bisa di interigasikan dengan aria2 melalui plugin, Aria2 merupakan download accelator yang banyak di klaim pengguna Linux sebagai download accelator tercepat di linux, namun sayang dia berbentuk CLI yang hanya dijalankan menggunakan terminal.

Nah sobat bisa install uget download manager melalui perintah dibawah ini, dijalankan di terminal satu persatu:

sudo add-apt-repository ppa:plushuang-tw/uget-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install uget aria2

Sebenarnya, di Ubuntu software center juga sudah tersedia, namun saya lebih suka install melalui PPA. Sebab di USC (ubuntu software center) banyak fotware yang tidak up to date, rilis softwarenya sering kali terlambat, termasuk Uget ini, misalkan saat saya tulis ini Uget Di USC baru versi 1.8.0 sedangkan di PPA sudah ke versi 1.10.0 cukup jauh bukan?

Ok sobat, sudah install? Mari kita aktifkan aria2 plug-in di Uget.
1. Buka Uget yang barusan Sobat Download, ke menu edit>> settings >> plug-in>> lalu centang “enable aria2 plug-in >>ok

Pengaturan Plug-in Aria2 pada Uget
2. Nah yang sering terjadi, begitu aria2 plugin ini di aktifkan, download jadi error, kalau yang terjadi pada saya, ada tulisan gini: “massage: aria2c version error” nah gimana cara memperbaiki masalah ini? Lalu saya googeling dapat ini:

Dengan mengganti argument pada kotak dialog aria2 plugin Uget tersebut. Gambar diatas sudah saya ganti dengan tulisan berikut:
Argumant default pada Uget yang ada silahkan diganti dengan “-x 4 -k 1M --enable-rpc --rpc-listen-all=true –rpc-allow-origin-all” tanpa tanda petik.
 

Lalu restart Uget sobat kalau masih error matikan service uget atau kalau bingung restart saja desktopnya. Samapi disini jika ada masalah silahkan komen saja di bawah.

Ok gan, selamat berkarya! Linux Is The Best, best choice, best system, best price, and freedom.

Referensi:

3 Komentar

berapa speed maximal yang bisa di dapat setelah pake plug-in aria 2 ini bang??

Reply

Di tempat saya koneksi internet tidak stabil mas, jadi tidak bisa dijadikan contoh.

Reply

Saya pengguna ubuntu 15.10 pake uget 1.10.04 (yang terakhir kalo gak salah). Error pas download torrent tetep belum teratasi mas, instruksi di atas atau di forum-forum ubuntu lain udah saya sambangi pake perantara google, ada saran? Please respon ya mas, aslinya bisa aja lewat transmission tp banyak fitur yang cuma ada di uget+aria2, thx

Reply

Posting Komentar

Mari bijak dalam berkomentar, mengkritik dan memberi masukan itu menandakan kita mengerti apa yang ada pada tulisan ini, terimakasih.
Mari mencerdaskan bangsa ini.