Resize/ Mengecilkan Icon Desktop Ubuntu 2d Pada Ubuntu 12.04

Tanpa basa-basi yah sobat, seperti di ketahui bersama, pada ubuntu 12.04 ubuntu secara default menyediakan 2 desktop enviroment atau disingkat DE, 1. Ubuntu [3d] 2. Ubuntu 2d,

meskipun keduanya memiliki wajah antarmuka yang sama tapi kenyataannya DE ubuntu 2d memiliki sangat minim fitur, contoh ketika saya coba membuka MyUnity di DE ubuntu 2d, lebih dari separuh fitur tidak bisa digunakan. Diantaranya ubuntu 2d tidak bisa di resize iconnya baik melalui background manager bahkan di ubuntu MyUnity.

Lalu gimana cara meresize? Apa mutlak tidak bisa? Ternyata bisa sobat, meski dengan cara manual tapi sangat mudah dan cepat.

Langsung saja yah:

1. buka terminal (Ctrl + Alt + T)
2. buka perintah berikut ini ==>> sudo gedit /usr/share/unity-2d/shell/Shell.qml





Ganti angka width-nya jadi 50, defaultnya di notebook saya sih 65
jika sudah, save dan tutup.














3. kembali buka di teminal sobat
==>> sudo gedit /usr/share/unity-2d/shell/common/IconTile.qml

silahkan ganti sesuka sobat, ukuran icon pada launcher unity-nya, defaultnya Width: 48 heigth: 48, saya ganti Width: 38 heigth: 38, jika sudah save dan tutup,
jika sudah di save dan tutup













4. tulis kembali di terminal ==>> sudo gedit /usr/share/unity-2d/shell/launcher/LauncherList.qml
jika sudah save dan tutup
 





















Ganti nilai:
property int tileSize: 44 (terserah anda, tapi klo mengikuti tutorial ini nilainya 44)
property int selectionOutlineSize: 56 (juga terserah, defaultnya nilai outline 65 kalo nggak salah)
Jika sudah selesai, save dan tutup.



Logout' restart kompuer sobat! Rasakan hasilnya!



NB: jika ukuran Icon dan Launcher masih kurang nyaman, silahkan ganti nilai2 yang di ganti diatas.

sumber: http://liberiangeek.net/2012/06/resize-unity-2d-launcher-in-ubuntu-12-04-precise-pangolin/

Posting Komentar

Mari bijak dalam berkomentar, mengkritik dan memberi masukan itu menandakan kita mengerti apa yang ada pada tulisan ini, terimakasih.
Mari mencerdaskan bangsa ini.