Mount Otomatis Partisi NTFS (Windows) Atau Partisi Lainnya di OpenSUSE

Alakulihalblog | Redaksi Alakulihal hadir kembali lagi menyapa hangat para sahabat sekalian, setelah beberapa saat kami vakum lantaran beberapa halangan yang membuat kami menuliskan tulisan-tulisan baik berupa berita maupun tutorial.

Pada sistem openSUSE ada beberapa hal yang mengganjal, terutama bagi pengguna dualboot (openSUSE- Windows) mengapa? Itu lantara partisi windows NTFS tidak langsung termount otomatis saat startup. Jika kita ingin membukan partisi yang menggunakan NTFS harus melakukan mount manual.

Lalu bagaimana caranya supaya partisi NTFS kita bisa mount otomatis? Ternyata mudah sekali sobat. Berikut kami paparkan tutorial sederhana ini:

1. $ cat /etc/fstab contoh hasilnya pada notebook saya:

LABEL=OpenSUSE       /                    xfs        defaults              1 1
/dev/disk/by-id/ata-WDC_WD5000BPVT-60HXZT3_WD-WXH1A71T6279-part7 swap                 swap       defaults              0 0
/dev/disk/by-id/ata-WDC_WD5000BPVT-60HXZT3_WD-WXH1A71T6279-part5 /home                ext4       defaults              1 2


2. Buka Gparted, Sda ke berapa yang digunakan partisi NTFS itu? Contoh pada gambar ini adalah Sda6.


3. Pada KDE gunakan perintah ini:

$ kdesu kwrite /etc/fstab

Pada Gnome gunakan perintah ini:

$gksu gedit /etc/fsab

4. Copy dan paste-kan dibawahnya tulisan ini:

“/dev/disk/by-id/ata-WDC_WD5000BPVT-60HXZT3_WD-WXH1A71T6279-part5” Tanpa tanda petik, gantilah part5 menjadi part6 (ini tergantung partisi NTFS kita pada Sda berapa). Lalu tambahkan keterangan seperti pada gambar:

5. Untuk menambah partisi lain baik NTFS maupun bukan, caranya sama seperti diatas.


6. Reboot/ restart, lalu coba buka partisi windows atau partisi lain yang sebelumnya harus melakukan mount manual. Apakah sudah otomatis? Jika sobat bingung, silahkan komentar!






2 Komentar

terimakasih mas,berguna buat saya,terutama mau play musik/film.
salam opensuse :D

Reply

Wa'alaikum salam mas Hilman, Al Hamdulillah jika tutorialnya bermanfaat :D. Maju terus...

Reply

Posting Komentar

Mari bijak dalam berkomentar, mengkritik dan memberi masukan itu menandakan kita mengerti apa yang ada pada tulisan ini, terimakasih.
Mari mencerdaskan bangsa ini.