29 Desember 2013

Biar Libre Officenya lebih perfect di KDE


Assalamu'alaikum Waramatullahi Wabarakatuh...

Hey sobat khususnya pengguna OpenSUSE dan umumnya pengguna KDE, pengalaman saya dan menurut pandangan pribadi Libreoffice di OpenSUSE KDE sangat tidak perfect dan membosankan, background colornya abu-abu, tidak menarik. Perasaan di Gnome (gtk) nggak sekaku ini deh. Apalagi kalau lihat Microsoft Office atau Kingsoft Office.

Nah biar keren dan dan background colornya lembut seperti kedua software office yang saya sebut tadi, kita oprek sebentar.

1. Buka Configure Desktop (KDE Control Panel)
2. Klik Application Appearance > Colors > Colors > pada Color set pilih “Common Colors” > pilih “Window Background” ganti warnanya dengan #E9EBFF

3. Jika sudah, klik Apply. Buka Libre Office yang sudah tampak elegan.
Catatan:

A. Biar lebih cantik lagi, kita custom iconnya. Bisa dibaca pada artikel: http://alakulihal.blogspot.com/2013/12/faenza-dan-kalahari-icon-untuk.html

B. Untuk aktifasi sidebar hanya bisa dilakukan pada Libre Office 4.1 keatas, baca http://alakulihal.blogspot.com/2013/12/mengaktifkan-sidebar-menu-pada.html

Barokallahu fiekum, semoga bermanfaat.


4 komentar:

  1. saya newbie mas.. hehe kmren baca blog agan n tertarik buat nyobain.. alhasil intal manjaro dan plus file terformat hehe.. pengalaman yang seru.. :D
    btw kalo saya instal manjaro dan opensuse.. dual boot gitu bisa ya gan? abistu open suse gak compitable dgn netbook yg layar nya 10 inci ya kan?
    ane lebih memilih manjaro. boleh minta link agan buat bisa ane hubungi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas arkan, pengalaman enak akan gampang lupa justru pengalaman pahit yang paling lama diingat dan asik buat diceritakan kawan, hehe.

      Soal openSUSE apakah support untuk layar netbook 10 Inc sayar rasa support alias tak ada masalah meskipun belum pernah nyoba, untuk dualboot dengan Manjaro sangat bisa, soalnya saya ini juga lagi dualboot openSUSE dengan Manjaro sama-sama asik.

      Bila perlu bantuan dari saya pribadi coba kontak saja lewat email mr.alakulihal at gmail dot com atau facebook: Ismi Hammam atau komentar pada blog ini pun saya cukup responsif menjawabnya selama saya ketahui. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. ok mas.. makasih.. ini lagi proses mendownload opensuse yang kde 13.1, apabila ada pertanyaan atau kendala. sepertinya saya akan comment di sini aja.. buat ramein hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik deh. Siap menanti pertanyaan mas arkan :).

      Hapus

Mari bijak dalam berkomentar, mengkritik dan memberi masukan itu menandakan kita mengerti apa yang ada pada tulisan ini, terimakasih.
Mari mencerdaskan bangsa ini.